Kamis, 30 Juni 2016

RPP K.13 kelasIV semester I tema 3 subtema 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 Rembang
Kelas / Semester        : IV/ 1
Tema 3                      : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran ke       : 3
Semester                     : 1 (Satu)
Alokasi  Waktu          : 2x35 Menit
A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1           Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1           Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPA                                                   
3.1           Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1           Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Ø   Menggali informasi laporan hasil pengamatan
IPA
Ø   Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
§  Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
§  Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam.
§  Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan benar.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Melakukan pengamatan terhadap tumbuhan dan menulis laporan
§  Memahami teks bagian-bagian tumbuhan
§  Mendiskusikan hubungan antara manusia, tumbuhan, danhewan
F.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa mengamati tumbuhan di sekitar mereka. (Mengamati)
¡   Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
¡   Siswa mengamati dua gambar yang terdapat dalam buku siswa.
¡   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
¡   Setelah siswa menjawab pertanyaan secara indvidu, mereka kemudian saling mempertanyakan jawaban yang ditulis di buku siswa dengan cara bertukar buku  searah jarum jam dalam kelompok. Masing-masing siswa bisa menambahkan atau member saran tentang jawaban yang terdapat pada buku temannya.(Mengasosiasi dan (Mengkomunikasikan)

50 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

10 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡   Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡   Tumbuhan di sekitar sekolah, lembar pengamatan dan alat tulis.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan dafta rperiksa. (IPA)
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3ciri-ciri daun.


Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3ciri-ciri bunga dan akar.


Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3ciri-ciri akar.


Siswa mampu menuliskan deskripsi tentang daun/bunga danbuah/akar berdasarkan bentuk, warna, ukuran, dan tekstur.



2.      Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Bagus
Cukup Bagus
Perlu Berlatih
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang  sedang berbicara.

(2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

(1,5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.


( 1)
Komunikasi non verbal (kontak mata,bahasa tubuh,postur, ekspresiwajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.


(3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.


(2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.


(1)
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi.
(3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.



(2)
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.




(1)

3.      Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
Sikap
BelumTerlihat
MulaiTerlihat
MulaiBer-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti


P


2
Bertanggung Jawab

P



3
Disiplin






Mengetahui
Kepala Sekolah,

( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV

( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar